Selasa, 11 Oktober 2011

TUGAS 2 Sistem Informasi Manajemen

1. kenapa informasi harus dikelola dengan baik dan benar oleh para tingkatan manajer :
   a. manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi      informasi yang berguna karena seorang manajer perlu data yang akurat (data mentahan)yang kemudian si Manajer akan mengembangkan informasi tersebut supaya mudah diterima, mudah di fahami serta mudah untuk merealisasikannya dalam perusahaan.
contoh : seorang manajer perusahaan makanan melakukan observasi lapangan guna mendapatkan informasi produk seperti apa yang belakangan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, produk jenis apa.setelah itu manajer dapat menentukan harga yang pas buat masyarakat.

  b. manajer juga harus memastikan orang yang layak dalam organisasi untuk menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat sehingga dapat dimanfaatkan. karena, seorang manajer harus tahu bawahan yang baik untuk menerima dan membantu dia agar dapat merealisasikan informasi  tersebut yang sebelumnya informasi tersebut sudah dikemas sebaik mungkin agar mudah dimengerti oleh bawahan.
contoh : seorang manajer perusahaan makanan memberikan informasi berupa data yang akurat hasil oservasi sebelumnya agar sipenerima informasi (bawahan)dapat mempelajari informasi tersebut untuk tercapainya sebuah tujuan

b. manajer juga akhirnya membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang mutakhir dan akurat. informasi yang sudah habis masa keefektifannya akan diganti dengan informasi yang lebih akurat serta mempunyai daya keefektifan yang lebih lama.
contoh : informasi sebelumnya yang didapat lewat observasi langsung akan di ganti oleh manajer karena strategi perusahaan yang terdapat dalam informasi tersebut tidak efektif lagi. maka dari itu sang manajer mencari informasi yang baru guna mendapatkan strategi yang berkelanjutan.

2. informasi yang di butuhkan oleh para manajer harus mempunyai nilai yaitu: up to date, detail serta accurate.jelaskan dan masing-masing berikan contoh
a. up to date : terbaru
    suatu informasi harus terbaru dan terkini karena belum ada pembahasannya serta penerapannya. karena karena dengan informasi yang up to date kita dapat jadikan sebagai sarana pemberitahuan yang baru, pembahasan yang menarik serta ada spirit yang baru untuk dapat mewujudkan informasi tersebut.
contoh : pada tanggal 12,11.2011 persatuan hotel dan restoran indonesia mengadakan press confrence tentang pemberian penghargan sebagai hotel terbaik apabila tingkat hunian kamar meningkat dalam 3 bulan kedepan, pelayanan yang baik, kebersihan, kenyamanan serta keamanan hotel dsb.para manajer yang hadir dalam acara itu pun langsung menginformasikan agar hotel yang mereka pimpin memperbaiki aspek yang masuk jadi kategori penilaian agar mendapatkan penghargaan tersebut.

b. detail :jelas
    informasi harus jelas, baik pada saat penyampaian kepada penerima informasi maupun dari sumber informasi itu sendiri.
contoh : manajer hotel lalu menjelaskan info tentang apa saja kriteria agar mendapatkan penghargaan tersebut,  aspek-aspek apa saja yang masuk dalam kategori penilaian. agar para bawahan (penerima info) mengerti dan tahu apa yang harus mereka lakukan demi mendapatkan awarding tsb.

c. accurate : Tepat
   pemberian informasi harus tepat pada sasaran mulai dari siapa penerima info tsb, impact dari info tsb serta output apa yang akan dihasilkan dari info tsb.
contoh : manajer memberi tahu informasi kepada masing-masing divisi melalui masing-supervisor guna menggerakkan anak buah mereka agar bekerja lebih maksimal demi mendapatkan penghargaan tsb.

3. coba anda jelaskan informasi-informasi apasaja yang dibutuhkan oleh para tingkatan manajerial dalam melaksanakan fungsinya dalam hal : Planing, Organizing, Actuating dan Controling.
a. Top Management :
    pada tingkatan ini biasanya ditempati oleh General Manager. setelah mendapatkan informasi, GM mengolah informasi tersebut memunculkan sebuah perencanaan yang strategis.  menyiapkan perencanaan yang strategis melalui konsep-konsep yang matang demi tercapainya suatu tujuan. seorang general manager juga harus mempunyai kebijakan-kebijakan yang baik dari kebijakan-kebijakan yang telah ditentukan, GM harus memutuskan kebijakan yang mana yang akan digunakan karena sangat mempengaruhi perkembangan sebuah hotel. begitu juga pada saat menentukan konsep-konsep yang menjadi pedoman untuk memajukan hotel.
b. Middle Management
    pada tingkatan ini biasanya ditempati oleh manager per-divisi, seelah mendapatkan informasi dari atasan, GM, manajemen langsung mmeberitahu kepada bawahan seperti supervisior. mengembangkan perencanaan pendek, perencanaan menengah, jadwal-jadwal dan anggaran serta penentuan kebijakan, prosedur dan tujuan-tujuan bisnis bagi sub unitnya masing-masing..contohnya kitchen manager memberikan perintah yang mengharuskan asisten kitchen manager menginformasikan kepada supervisior untuk menentukan Schedule untuk operasional.
c. Low Management
    biasanya ditempatkan oleh supervisior melakukan planing, controlling, operasional, dan decission makear yang dilimpahkan oleh atasan..dalam arti seorang supervisior harus mempunyai perencanaan yang matang yang bisa diterapkan pada masing-masing unit, melakukan pengawasan secara continue demi meningkatkan kinerja karyawannya, selain ikut mengoperasikan suatu unit, supervisor juga harus mampu mengambil keputusan yang sebelumnya dipertimbangkan plus minusnya.
d. Operator
    selain proses transaksi dan merespon permintaan, operator juga yang menjalankan suatu unit serta yang menjalankan semua perintah atasan yang yang berisi sebuah keputusan, kebijakan-kebijakan serta perencanaan-perencanaan organisasi.

2 komentar: